KatusbaNews

FTBM Jabar Gelar Kemah Literasi Nasional di Kiara Payung Sumedang

Bagikan di:
Kemah Literasi di Kiara Payung Jatinangor

KatusbaNews | Forum Taman Baca Masyarakat (FTBM) Jawa Barat menggelar jambore literasi atau temu pegiat literasi yang diikuti peserta dari seluruh Indonesia di Kiara Payung, Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari, yakni tanggal 15-17 Nopember 2019.

Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan sekitar 250 orang, kebanyakan berasal dari daerah Jawa Barat. Sedangkan sisanya datang dari Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Aceh, Sumatra Barat, Riau, Maluku, dan daerah lainnya.

“Kegiatan ini merupakan hasil rekomendasi kopdar pegiat TBM Provinsi Jawa Barat yang berlangsung 26-27 Desember 2017,” ujar Ipul, Panitia Pelaksana Kemah Literasi, Minggu (17/11/2019).

Adapun rangkaian acara yang tersaji berupa diskusi, bedah buku, pelatihan menulis, dan saling berbagi informasi. Terdapat pula pameran karya dan foto, pembacaan puisi, pentas seni, parade dongeng, pemainan (games), dan api unggun.

Alasan pemilihan Jatingangor Sumedang sebagai tempat kemah, karena daerah ini dinilai strategis dari aspek ketercapaian atau aksesibilitasnya. Peserta dapat mengakses transportasi dari segala arah.

Sedangkan tujuan kegiatan adalah terjalinnya tali silaturahmi antarpengelola dan pegiat TBM di Jawa Barat dan lingkup nasional. Juga tidak menutup kemungkinan dapat melahirkan pegiat-pegiat baru lainnya.

“Kami berharap melalui kegiatan ini akan tumbuh TBM-TBM baru atau gerakan literasi lainnya di Jawa Barat dan dalam lingkup nasional, serta 6 literasi dasar dan kecakapan yang dituntut oleh abad ke-21 kian menyebar” pungkasnya. may

Editor: Reza Hamdani Rohmawan

Mayang Anggarani
Mayang Anggarani
"Bergerak atau tergantikan." Reporter yang cekatan dan hobi solo travelling. [email protected]
https://katusba.com/author/mayang

Tinggalkan Komentar