Kategori: KatusbaNews

Hasil Uji Coba: Hand Sanitizer Tidak Mematikan Kuman dan Virus

Bagikan:

KatusbaNews | Sejak virus Corona merebak, hand sanitizer banyak diburu orang, lantaran diandalkan sebagai alat praktis membersihkan tangan. Lalu, efektifkah bahan pencuci tangan sebagai pembunuh kuman dan virus?

Jaralee Annice Metcalf, wanita yang bekerja di unit autisme dengan murid anak-anak TK dan Sekolah Dasar memamerkan hasil percobaan sederhananya, menggunakan sepotong roti.

Dilansir dari 7 News, Jaralee melibatkan anak-anak didiknya dalam percobaan yang digelar tahun 2019 itu.

Jaralee menyediakan 5 potong roti sebagai sampel. Setiap roti diperlakukan berbeda.

Roti pertama dibiarkan bersih tanpa sentuhan. Roti kedua disentuh tangan kotor anak-anak. Roti ketiga disentuh tangan bersih yang sudah dicuci menggunakan sabun dan air mengalir. Sedangkan roti keempat disentuh tangan yang sudah dibersihkan menggunakan hand sanitizer.

Lalu, potongan roti terakhir disentuhkan pada tablet Chroomebook yang biasa disentuh oleh banyak orang.

Semua roti ini ditempatkan pada kantung plastik transparan, lalu didiamkan selama satu bulan. Hasilnya, setiap roti terlihat berbeda. Kondisi roti paling mengerikan terlihat pada potongan roti yang ditempelkan  pada tablet.

Jamur tampak tumbuh pada permukaan roti yang disentuh tangan kotor. Demikian pula roti yang disentuh tangan yang sudah dibersihkan dengan hand sanitizer.

Sedangkan roti yang disentuh  tangan yang sudah dicuci dengan sabun dan air memiliki tampilan paling bersih. Percobaan ini memperlihatkan jika hand sanitizer tidak bisa membersihkan tangan secara optimal.

Fakta ini dipertegas lagi oleh pernyataan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Amerika Serikat, yakni mencuci tangan dengan air dan sabun merupakan cara paling efektif membunuh kuman.

Sedangkan hand sanitizer yang bahan utamanya alkohol hanya mampu menonaktifkan kuman. Hand sanitizer juga tak mampu membersihkan tangan dalam kondisi sangat kotor, basah dan berminyak secara optimal.

Percobaan sederhana ini memperlihatkan bahwa hand sanitizer bukan solusi efektif untuk membunuh atau mencegah virus corona. Cara yang paling dianjurkan adalah mencuci tangan dengan benar, menggunakan sabun dan air mengalir. (*)

Dina Rizqiana

Berita Terbaru

Daya Tular Corona Bakal Melemah di Musim Panas, Betul Gak Sih?

KatusbaNews | Muncul di akhir tahun 2019, kasus Covid-19 meluas begitu cepat. Hingga 29 Maret 2020, laman www.worldometers.info/coronavirus/ melaporkan terdapat…

30 Maret 2020

Jatuh di Filipina, 8 Penumpang Pesawat Lionair Tewas

KatusbaNews | Pesawat Lionair terbakar saat lepas landas dan menewaskan 8 orang. Pesawat komersial milik maskapai yang berbasis di Filipina…

30 Maret 2020

Parah! Begini Dampak Lockdown Total di India

KatusbaNews | Kebijakan lockdown total yang diberlakukan pemerintah India berdampak kekacauan. Hampur semua bisnis ditutup dan pertemuan publik ditiadakan. Warga…

29 Maret 2020

Jus Kulit Jeruk Bisa Tangkal Corona? Ini Kata Peneliti

KatusbaNews | Senyawa penangkal virus corona ternyata terdapat pada kulit jeruk. Hal ini disampaikan oleh tim peneliti dari IPB dan…

29 Maret 2020

Italia Catatkan Jumlah Kematian Tertinggi Akibat Corona

KatusbaNews| Virus corona meluluhlantakkan Italia. Lebih lebih dari 10.000 warganya meninggal dunia gara-gara virus ini, walaupun sudah melakukan lockdown selama…

29 Maret 2020

Tingkat Kematian Covid-19 di Jerman Rendah, Ternyata Ini Penyebabnya

KatusbaTechno | Dengan jumlah kasus sebanyak 47.373,  Jerman jadi negara dengan kasus Covid-19 peringkat lima di dunia, setelah Spanyol (64.059…

29 Maret 2020