KatusbaNews

Ingat! Ini Jadwal Lengkap Seleksi CPNS 2019

Bagikan:

KatusbaNews | Publikasi Lowongan CPNS 2019 telah dilakukan, dan jadwal pendaftaran dimulai pada 11 November 2019. Saat ini, calon pelamar sudah bisa menyiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan untuk memenuhi persyaratan pendaftaran.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengungkapkan jadwal lengkap rangkaian Seleksi CPNS 2019.

Menurutnya, pendaftaran bakal dibuka dalam rentang waktu 11 hingga 24 November 2019. Kemudian hasil seleksi administrasi bakal diumumkan pada 16 Desember 2019.

“Nah, pada 16 Desember itu bakal terlihat siapa-siapa yang berhak mengikuti seleksi kompetensi dasar,” kata Bima di Kantor KemenPAN-RB, Jakarta, Rabu (30/10/2019).

Setelah itu, pelamar memiliki waktu untuk menyampaikan sanggahan jika tidak lolos dalam tahap seleksi administrasi. Waktu sanggahan itu terhitung tiga hari sejak 16 Desember.

“Ada masa sanggah selama 3 hari, yakni setelah diumumkan pada 16 Desember, atau sampai 19 Desember,” ucap Bima.

Selanjutnya, Tes Kemampuan Dasar (TKD) akan diselenggarakan pada Februari 2020. Tetapi, bisa saja maju ke pertengahan Januari, sehingga lebih cepat

“Tes TKD dijawalkan pada awal Februari. Tapi apabila ada kementerian lembaga yang sudah siap, bisa kita mulai lebih awal. Ya, pertengahan Januari bisa kita lakukan,” terang Bima.

Peserta yang telah lolos TKD bisa maju untuk mengikuti Tes Kompetensi Bidang (TKB). Jadwal pelaksanaan tes pada bulan April.

“Setelah TKD itu, untuk pelaksanaan kompetensi bidangnya pada bulan April. Jadi, bulan April  itu sudah selesai semua penerimaan CPNS 2019 ini,” ujar Bima. ros

Editor : Suci Irawati