KatusbaNews

Jatuh di Filipina, 8 Penumpang Pesawat Lionair Tewas

Bagikan:
Ilustrasi

KatusbaNews | Pesawat Lionair terbakar saat lepas landas dan menewaskan 8 orang. Pesawat komersial milik maskapai yang berbasis di Filipina ini mengalami kecelakaan di Bandara Internasional Ninoy Aquino.

Seorang sumber, sebagaimana dikutip dari media lokal, philstar.com, Minggu (29/3/2020), menyebutkan penumpang pesawat Lionair RPC5880 ini terdiri dari 6 awak dan 2 penumpang. Penumpang berasal dari Kanada dan Amerika.

Otoritas Bandara Internasional Manila (MIAA) mengkonfirmasi, insiden maut ini terjadi di ujung landasan pacu bandara 24. Pesawat hendak lepas landas menuju Bandara Internasional Tokyo dengan penerbangan medevac.

“Tim Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan MIAA langsung dikirim ke lokasi untuk memadamkan api dengan busa kimia. Sayang, tidak ada penumpang yang selamat dari kecelakaan itu,” ungkap penasihat MIAA.

Kecelakaan pesawat ini sempat bikin heboh di Indonesia. Namun, insiden ini tak ada kaitannya dengan perusahaan maskapai asal Indonesia, Lion Air.

Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro memastikan,  pesawat yang mengalami kecelakaan di Filipina itu bukan Lion Air yang berbasis di Indonesia.

“Mengenai screenshoot (tweet) atau informasi lain tentang kecelakaan, jika dipertanyakan ke Lion Air Group (base di Indonesia) adalah tidak benar,” katanya.

Dipastikan juga, Lion Air Group saat ini belum beroperasi di Manila.

Menurutnya, di Filipina memang ada perusahaan maskapai penerbangan bernama Lionair. Tetapi sama sekali tidak berkaitan dengan Lion Air Indonesia.

“Ya, itu tidak berkaitan dengan Lion Air Indonesia,” tegasnya. (*)