KatusbaNews

Jokowi Janjikan Menteri Usia 25-30 Tahun, Kenapa Gak Jadi?

Bagikan:
Seusai Pelantikan Kabinet Indoensia Maju

KatusbaNews | Beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan rencananya untuk merekrut menteri berusia muda, 25-30 tahun. Tetapi hingga Kabinet Indonesia Maju dilantik, ternyata menteri termuda yang dipilih Jokowi berusia 35 tahun, yakni Mendikbud Nadiem Makarim.

Soal ini, Mensesneg Pratikno menyampaikan penjelasan. Menurutnya, Jokowi sudah berikhtiar mencari SDM muda. Tetapi, faktanya, Jokowi tak menjumpai anak muda berusia 25-30 tahun dengan bekal  pengalaman birokrasi yang mumpuni.

“Kami berpandangan, jangan sampai anak-anak muda yang belum memiliki pengalaman kuat lantas memegang posisi penuh tantangan. Sebaliknya, jika kita mendapatkan anak muda dengan bekal pengalaman birokrasi yang kuat, ya itu tentu saja bisa jalan,” papar Pratikno, Kamis (24/10/2019).

Pratikno juga menyebutkan adanya kekhawatiran jika jabatan menteri dipegang oleh anak muda yang belum memiliki pengalaman cukup, karena ujung-ujungnya bisa membebani anak muda itu.

“Kalau nggak menemukan, ya jangan sampai nantinya malah justru men-downgrade dia. Jika dalam usia potensial dibebani tugas yang berat, bisa-bisa dia malah tidak perform, kan kasihan,” ujarnya.

Pratikno menegaskan bahwa Jokowi sudah berupaya maksimal mencari calon menteri berusia 25-30. “Ya, presiden sudah berusaha keras mencari,” tegasnya. ros

Editor : Suci Irawati