Kategori: KatusbaNews

Jokowi Sebut Gerakan Radikalisme Picu Perang dan Konflik

Bagikan:

KatusbaNews | Di Indonesia, pendidikan modern dengan pengembangan nilai-nilai karakter bangsa perlu ditumbuhkan guna mencegah suburnya gerakan radikalisme yang kerap memicu konflik.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi dalam acara pengukuhan Kiai Haji Asep Saifuddin Chalim sebagai Guru Besar bidang Sosiologi di Universitas Islam Negeri Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (29/2/2020).

“Sekarang ini, kita dengan mudah melihat tumbuhnya gerakan radikalisme yang memicu peperangan dan konflik di beberapa negara,” ujarnya.

Jokowi menilai karakter bangsa yang dikembangkan melalui pendidikan modern bisa jadi kekuatan dalam menjaga dasar negara Pancasila, serta memperkuat keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Jokowi pun menyampaikan pujiannya bahwa kiprah Kiai Asep selama ini telah mendorong tumbuhnya pendidikan modern di lingkungan Nahdlatul Ulama dan pesantren, juga semangatnya untuk terus mencetak santri berkarakter penjaga pilar bangsa.

“Pendidikan modern yang telah diterapkan KH Asep di Pondok Pesantren Ammanatul Ummah sangat relevan untuk kita aplikasikan, yaitu pengembangan pendidikan yang mengusung nilai-nilai dan karakter bangsa,” katanya, Sabtu (29/2/2020).

Kiai Asep dikenal sebagai Ketua Umum Persatuan Guru NU sekaligus Pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah Surabaya dan Mojokerto.

Dalam pengukuhan, ia menyampaikan orasi ilmiahnya yang bertajuk ‘Model Pendidikan dalam Mengatasi Problematika Masyarakat dan Akan Datang’. (*)

Dina Rizqiana

Berita Terbaru

Ini 6 Dokter Indonesia yang Meninggal Saat Berjuang Lawan Corona

KatusbaNews | Sejumlah tenaga medis yang menjadi garda terdepan dalam perjuangan melawan amuk virus corona di Indonesia dikabarkan meninggal dunia.

23 Maret 2020

Pasien Positif Covid-19 di Indonesia Jadi 514

KatusbaNews | Bertambah lagi, kini jumlah kasus positif virus Corona (COVID-19) di Indonesia jadi 514. Dalam sehari, jumlah kasus positif…

22 Maret 2020

Terpapar di Bandung, 1 Warga Sumedang Positif Corona

KatusbaNews | Bupati Kabupaten Sumedang, Dony Ahmad Munir, menyatakan, satu orang warga Sumedang yang berasal dari Kecamatan Sumedang Selatan teridentifikasi…

22 Maret 2020

Terjangkit Corona, Andrea Dian: Pandemi Ini Nyata, Ikuti Imbauan Pemerintah!

KatusbaLifestyle | Andrea Dian mengumumkan bahwa dirinya positif terinfeksi Corona. Pengakuan itu disampaikan lewat akun Instagram miliknya.

22 Maret 2020

Tertular Corona dari Pasien, 3 Dokter Meninggal Dunia

KatusbaNews | Karena terpapar virus Covid-19 dari pasien, 3 dokter dikabarkan meninggal dunia Sabtu (21/3/2020). Ketiga dokter itu berasal dari…

22 Maret 2020

BNPB: Indonesia Tak Akan Tempuh Lockdown Akibat Corona

KatusbaNews | Langkah lockdown untuk mengatasi penyebaran virus Corona (COVID-19) yang digaungkan banyak pihak tak akan ditempuh Presiden Joko Widodo…

22 Maret 2020