KatusbaNews

Kabut Asap Kian Tebal, 2 Ribu Sekolah di Malaysia Diliburkan

Bagikan di:

Katusba.com | Kabut asap melanda Kuala Lumpur.
Kabut asap melanda Kuala Lumpur (reuters)

KatusbaNews | Gara-gara kabut asap kian parah, Malaysia meliburkan 2 ribu sekolah di wilayahnya yang terkena imbas dari kabut asap ‘kiriman’ dari Indonesia.

Sebagaimana dikutip media lokal Malaysia, The Star, totalnya terdapat 2.459 sekolah di delapan negara bagian, yang diliburkan hari ini, Kamis (19/9/2019) dan Jumat (20/9/2019) besok.

Otoritas Malaysia mengambil keputusan itu setelah mencermati Indeks Polutan Udara (API) yang melebihi angka 200. Artinya, status udara adalah “sangat tidak sehat”

Kementerian Pendidikan Malaysia menyatakan sebanyak 1.732.842 siswa terkena dampak kabut asap akibat karhutla yang terjadi di Indonesia.

Dikatakan bahwa sekolah-sekolah di Kedah, Perak, Negri Sembilan dan Sarawak hanya diliburkan sehari, yakni Kamis (19/9/2019). Sedangkan sekolah-sekolah yang ada di Selangor, Putrajaya, Kuala Lumpur dan Penang akan diliburkan dua hari, yakni Kamis dan Jumat.

Mahathir Mohamad menyebutkan, pihaknya akan mengambil langkah tegas terhadap perusahaan-perusahaan Malaysia yang beroperasi di Indonesia, yang secara hukum harus bertanggung jawab atas munculnya kabut asap, dan kini telah mengancam Malaysia.

Bahkan, menurut Mahathir, kemungkinan akan dibentuk undang-undang baru untuk memaksa perusahaan-perusahaan Malaysia mengatasi karhutla yang melanda wilayah usaha mereka di luar negeri. tln

Tinggalkan Komentar