KatusbaNews

‘Kerajaan Kandang Wesi’ di Garut Bikin Geger, Latah Atau Bagaimana?

Bagikan:

KatusbaNews | Kemunculan beberapa ‘kerajaan’ di Indonesia bagai memicu latah. Kini, warga Garut digegerkan dengan hadirnya Kerajaan Kandang Wesi. Foto-fotonya viral di grup-grup WhatsApp dan media sosial.

‘Raja’ Kandang Wesi Garut disebut-sebut bernama Nurseno SP. Utomo.

Kerajaan Kandang Wesi ini diketahui berlokasi di wilayah Garut bagian selatan, tepatnya berada di Desa Tegal Gede, Kecamatan Pakenjeng, Garut.

Kades Tegal Gede Kartika Ernawati menyebutkan bahwa memang benar ada warganya yang bernama Nurseno. Tapi, menurutnya, yang dipimpin Nurseno sebenarnya bukan kerajaan layaknya Kesultanan Selaco dan Keraton Agung Sejagat.

“Betul ya, Pak Nurseno itu warga kami. Namun, soal informasi yang tersebar di media sosial itu tidak benar. Sebab yang dipimpin Pak Nurseno itu sebenarnya bukan kerajaan, melainkan paguron (perguruan bela diri),” terang Kartika, Jumat (24/1/2020).

Menurut Kartika, aktivitas paguron Kandang Wesi yang disebut-sebut di media sosial sebagai kerajaan itu tidaklah tidak meresahkan masyarakat. Nurseno diketahui sebagai pengajar teknik tenaga dalam.

“Di sini tak ada yang terganggu dengan aktivitasnya. Nurseno sendiri tidak mengaku-ngaku sebagai raja. Panggilan itu diberikan oleh masyarakat karena menyegani keilmuannya,” pungkas Kartika. (*)