KatusbaNews

Misteri Kasus Korupsi yang Disorot Jokowi

Bagikan di:
Presiden Joko Widodo

KatusbaNews | Ketua KPK Agus Rahardjo mengungkap rasa bingungnya ihwal kasus yang disoroti Jokowi. Agus pernah bertanya pada Menko Polhukam Mahfud Md soal itu. Namun, Mahfud sendiri menyatakan ketidaktahuannya.

BACA JUGA:

Mahfud MD Sebut Jokowi Pernah Lapor ke KPK, Tapi Kasusnya Tak Kunjung Diungkap

“Saya tanya itu kasus yang mana sih yang dilaporkan, dan Pak Mahfud jawabnya juga nggak jelas… kan saya jadinya bingung,” ucap Agus saat (RDP) dengan Komisi III, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (27/11/2019).

Agus menyebutkan jika Presiden Jokowi memang pernah melaporkan beberapa kasus pada para pimpinan KPK saat ini, di awal masa jabatan mereka.

“Kasus yang dilaporkan itu adalah dugaan suap Petral dan dugaan korupsi pengadaan helikopter Augusta-Westland (AW)-101. Kedua kasus itu memang belum tuntas hingga sekarang,” katanya.

Sedangkan untuk kasus Petral, sudah ada seorang tersangka. Tapi, sambungnya, untuk mencari alat buktinya harus ke banyak negara. Jokowi juga sempat menyinggung helikopter AW-101.

“Sudah kami penjarakan, kalau nggak salah ada satu tersangkanya. Permasalahannya sekarang, yang di pihak militernya itu belum,” tambah Agus.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyebutkan jika Presiden Jokowi pernah melaporkan kasus besar ke KPK, namun tidak pernah diungkap.

“Presiden Jokowi punya komitmen kuat untuk memberantas korupsi, dan beliau menyampaikan ini saat menunjuk saya sebagai Menko Polhukam,” kata Mahfud, beberapa waktu lalu.

“Presiden pernah menunjukkan, dan menyampaikan laporan ke KPK, tapi kasusnya itu nggak terungkap. Coba sekarang diperkuat itu oleh kejaksaan, kepolisian,” sebutnya. (*)

Editor: Reza Hamdani Rohmawan

Rosanti
Rosanti
Penulis yang serius tapi santai.

Tinggalkan Komentar