KatusbaNews

Nadiem Sebut Penghapusan Ujian Nasional Tengah Dikaji

Bagikan di:
Nadiem Makarim

KatusbaNews | Masa depan Ujian Nasional tak lama lagi bakal ditentukan. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menyebutkan, pihaknya tengah mengkaji rencana penghapusan Ujian Nasional.

Namun, Nadiem belum menjelaskan secara rinci ihwal progres kajian tersebut.

“Itu (penghapusan UN) masih kami kaji, ya. Nanti ditunggu saja kabarnya,” kata Nadiem di Ballroom The Ritz-Carlton Hotel Kuningan, Kamis (28/11/2019).

Nadiem menjelaskan jika saat ini Kemendikbud sedang berusaha menciptakan kesinambungan atau sinkronisasi antara sistem pendidikan dan dunia industri.

Salah satu cara yang bisa ditempuh adalah melalui deregulasi dan debirokratisasi.

“Juga arahan dari Pak Presiden untuk menciptakan link and match antara sistem pendidikan kita dan yang dibutuhkan dunia industri.”

“Untuk ke arah itu, di antaranya adalah ada deregulasi dan debirokratisasi dari semua instansi unit pendidikan. Makanya platformnya yang kami sebutkan itu merdeka belajar,” paparnya.

Nadiem juga menyebutkan jika pihaknya akan memproses penyederhanaan kurikulum. Selain itu, ke depannya akan memprioritaskan kompetensi ketimbang sekadar menghafal informasi.

“Itu suatu perubahan yang nantinya akan kita terapkan dan kita sempurnakan,” ucapnya.

Nadiem menilai kualitas sumber daya manusia (SDM) pengajar atau guru harus mengalami peningkatan pada semua jenjang pendidikan.

“Semua itu nantinya mengarah pada pelatihan peningkatan dan penyederhanaan hidup seorang pendidik,” tutur Nadiem. (*)

Editor : Suci Irawati

Dina Rizqiana
Dina Rizqiana
Senang menulis dan jalan-jalan.

Tinggalkan Komentar