News / Aktual

Pandemi Corona, Pegang Uang Kertas Aman Gak Sih?

Pandemi Corona, Pegang Uang Kertas Aman Gak Sih?

Aktual - Dilaporkan, seorang pegawai Bank Permata positif terinfeksi virus COVID-19, dan kini dalam perawatan tim medis.

"Salah satu karyawan Bank positif terkena virus COVID-19, sekarang sudah di bawah perawatan tim medis dan sedang dipantau manajemen," ucap Head of Corporate Affairs Bank Permata, Richele Maramis, Jumat (20/3/2020).

Hingga saat ini, asal muasal maupun penyebab penularan virus corona yang menimpa karyawan itu belum diketahui secara pasti. Di antara berbagai kemungkinan, uang kertas dicurigai sebagai perantara penularan.

Disampaikan Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Prof Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, uang kertas mungkin saja menularkan virus corona, karena virus ini mampu bertahan hidup di atas permukaan.

"Penularan corona dipastikan melalui droplet. Ketika seseorang berbicara, mungkin ada percikan. Nah, percikan itu bisa menular jika memang mengandung virus," katanya, dalam konferensi pers daring FKUI Peduli Covid-19, Jumat (20/3/2020).

Jika terpercik pada uang, sambungnya, dilihat dulu berapa lama virus tinggal di permukaan uang. Jika dalam hitungan menit uang itu dipegang lagi oleh orang lain, dan orang yang bersangkutan langsung menggaruk hidungnya, maka kemungkinan virus bakal menular.

Namun, Prof Ari juga memastikan, walaupun bisa saja menular melalui uang kertas, virus corona tak bisa bertahan hidup lama di atas permukaan.

"Jika uang kertas itu sudah lama berada di dompet, ya saya rasa kita tak perlu takut," katanya. (*)

Partner Ads Neo Katusba

Berita Terkait

Berita Populer

Tanggapan

Mengirim Komentar
Belum ada tanggapan untuk berita ini, berikan komentar anda dan jadilah yang pertama memberikan tanggapan!