KatusbaNews

Puan Maharani Bilang Pemerintah Jokowi Gak Takut FPI

Bagikan di:
Puan Maharani

KatusbaNews | Menanggapi #JokowiTakutFPI yang memuncaki trending di Twitter, Ketua DPR RI Puan Maharani membantah pemerintahan Jokowi takut FPI.

Menurutnya, kebijakan Kementerian Agama untuk merekomendasi pendaftaran ulang Surat Keterangan Terdaftar (SKT) kepada Front Pembela Islam (FPI), bukan berarti pemerintah merasa gentar menghadapi organisasi massa itu.

“Saya rasa pemerintah tidak takut ya, sama (FPI),” sebutnya, Kamis (28/11/2019) .

Menurut Puan, ada mekanisme yang harus dijalankan pemerintah sesuai regulasi, sehingga tidak mungkin asal-asalan.

Pemicu kemunculan tagar itu adalah pernyataan Kementerian Agama yang menyebutkan FPI telah memenuhi persyaratan, sebagaimana diatur Peraturan Menteri Agama Nomor 14/2019 tentang Pemberian Rekomendasi untuk Organisasi Kemasyarakatan yang Tidak Berbadan Hukum dan Memiliki Kekhususan di Bidang Keagamaan.

“Pastilah ada mekanisme dan aturan yang harus ditempuh. Jadi, semua tahap harus dilakukan secara benar,” katanya.

Politisi PDI Perjuangan itu menambahkan, pemerintah sudah paham betul soal pemberian izin ormas, sehingga akan mengikuti mekanisme di Undang-undang (UU).

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Kementerian Agama, M Nur Kholis Setiawan menyebut FPI telah memenuhi seluruh syarat permohonan rekomendasi organisasi sesuai Peraturan Menteri Agama Nomor 14/2019.

Selain itu, FPI juga dinilai memenuhi persyaratan surat pernyataan tidak dalam sengketa kepengurusan atau dalam perkara pengadilan, surat pernyataan kesanggupan melaporkan kegiatan dan surat pernyataan setia kepada NKRI, Pancasila, dan UUD 1945 serta tidak melakukan pelanggaran hukum. (*)

Editor: Reza Hamdani Rohmawan

Dina Rizqiana
Dina Rizqiana
Senang menulis dan jalan-jalan.

Tinggalkan Komentar