KatusbaNews

Sampaikan Ayat Suci Alquran, Putin Imbau Perang Yaman Diakhiri

Bagikan di:

Katusba.com | Vladimir Putin.
Vladimir Putin (reuters)

KatusbaNews | – Presiden Rusia Vladimir Putin minta agar konflik berkepanjangan di Yaman dihentikan. Permintaan itu disampaikan Putin seraya mengutip ayat suci Alquran.

Putin menyampaikan ayat 103 dalam surat Ali Imran, dan mengimbau agar pihak-pihak yang bertikai di Yaman segera berdamai.

Hal ini disampaikan saat Putin berbicara di Ankara, Turki bersama Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Iran Hassan Rouhani, Senin (16/9) waktu setempat.

β€œDan ingatlah akan nikmat Allah kepada kalian ketika kalian dahulu bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hati kalian, lalu jadilah kalian, karena nikmat Allah, orang-orang yang bersaudara,” demikian disampaikan Putin, sebagaimana dilansir media Russia Today (RT), Rabu (18/9/2019).

Tak sampai di situ. Putin pun menyebutkan sumber ajaran Alquran lainnya, ihwal pemahaman bahwa kekerasan itu hanya sah untuk membela diri sendiri.

Dengan nada canda, Putin juga menyampaikan saran agar Arab Saudi membeli sistem pertahanan udara Rusia, sebagaimana dilakukan oleh Iran dan Turki.

Pernyataan Putin yang mengacu pada ayat suci Alquran itu dicatat atas persetujuan Erdogan dan Rouhani.

Kedua pemimpin itu memang mengutuk keras invasi militer pimpinan Arab Saudi terhadap Yaman. Invasi ini mengakibatkan tewasnya ratusan ribu orang dalam kurun waktu lima tahun terakhir.

Perang itu pun memunculkan dampak sosial yang parah. Akibat banyaknya infrastruktur yang hancur, perekonomian masyarakat negara itu semakin jatuh.

Perang ini dipincu konflik saudara antara para pemberontak Houthi dan pemerintah Yaman yang mendapatkan dukungan Saudi.

Selanjutnya, intensitas perang pun meningkat, serta memicu perang udara yang dipimpin Saudi berubah menjadi invasi darat. ros

Editor : Suci Irawati

Tinggalkan Komentar