Kategori: KatusbaNews

Sasar Digital Region, Tahun 2020 Ini Sumedang Bangun Command Center

Bagikan:

KatusbaNews | Konsep digital region kini kian mengemuka. Maka, Integrasi teknologi informasi pun tak dapat dihindari lagi.

Menuju digital region atau wilayah digital, Kabupaten Sumedang berencana melengkapi diri dengan pusat kendali berbasis teknologi informasi atau yang dikenal sebagai command center.

Tekait hal ini, Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistika Sumedang (Diskominfosanditik) menggelar Focus Group Discussion (FGD) di Aula Tampomas, Kamis (27/2/2020). Kegiatan ini dihadiri Sekda Herman Suryatman, 29 kepala dinas dan sekretaris dinas serta Kepala Diskominfosanditik Iwa Kuswaeri.

Iwa Kuswaeri menjelaskan bahwa FGD ini merupakan langkah lain dalam pemetaan teknologi menuju Sumedang digital region. “Demi mewujudkan komitmen menuju Sumedang digital region, FGD dengan seluruh SPKD perlu dilakukan,” katanya.

Sebelum dibangunnya command center, pemahaman serta pemanfaatan teknologi perlu didukung oleh semua pihak, FGD dilakukan selama dua hari demi terbentuknya pemetaan teknologi dari semua dinas. “Harus dipetakan jalan dan master plan terkait hal tersebut, dan kegiatan ini akan dilaksanakan selama 2 hari,” tambahnya.

Command center dibangun tahun 2020 ini. Semua hal saling berintegrasi satu sama lainnya. Termasuk semua CCTV yang akan terpasang di pusat keramaian kota.

“Command center dibangun tahun sekarang, 50 CCTV yang akan dipasang akan saling berintegrasi satu sama lain dan dipasang di titik keramaian kota,” katanya.

Command Center merupakan inovasi dalam pelayanan publik yang menyediakan berbagai informasi di lingkup pemerintahan. Seperti live room, ada ruangan khusus yang difungsikan sebagai tempat untuk memonitor semua aktivitas di Kabupaten Sumedang.

Sumedang Command Center juga merupakan sistem terpadu pemantau kondisi Sumedang bagi pengambilan tindakan yang tepat dan cepat terhadap permasalahan atau pengaturan di wilayah Sumedang. (*)

Elsya Tri Ahaddini

Berita Terbaru

Ini 6 Dokter Indonesia yang Meninggal Saat Berjuang Lawan Corona

KatusbaNews | Sejumlah tenaga medis yang menjadi garda terdepan dalam perjuangan melawan amuk virus corona di Indonesia dikabarkan meninggal dunia.

23 Maret 2020

Pasien Positif Covid-19 di Indonesia Jadi 514

KatusbaNews | Bertambah lagi, kini jumlah kasus positif virus Corona (COVID-19) di Indonesia jadi 514. Dalam sehari, jumlah kasus positif…

22 Maret 2020

Terpapar di Bandung, 1 Warga Sumedang Positif Corona

KatusbaNews | Bupati Kabupaten Sumedang, Dony Ahmad Munir, menyatakan, satu orang warga Sumedang yang berasal dari Kecamatan Sumedang Selatan teridentifikasi…

22 Maret 2020

Terjangkit Corona, Andrea Dian: Pandemi Ini Nyata, Ikuti Imbauan Pemerintah!

KatusbaLifestyle | Andrea Dian mengumumkan bahwa dirinya positif terinfeksi Corona. Pengakuan itu disampaikan lewat akun Instagram miliknya.

22 Maret 2020

Tertular Corona dari Pasien, 3 Dokter Meninggal Dunia

KatusbaNews | Karena terpapar virus Covid-19 dari pasien, 3 dokter dikabarkan meninggal dunia Sabtu (21/3/2020). Ketiga dokter itu berasal dari…

22 Maret 2020

BNPB: Indonesia Tak Akan Tempuh Lockdown Akibat Corona

KatusbaNews | Langkah lockdown untuk mengatasi penyebaran virus Corona (COVID-19) yang digaungkan banyak pihak tak akan ditempuh Presiden Joko Widodo…

22 Maret 2020