KatusbaNews

Soal Rizieq, Mahfud: Kalau Ada Bukti Indonesia Mencekal, Bilang ke Saya!

Bagikan:

KatusbaNews | Menko Polhukam Mahfud Md menerima informasi bahwa Habib Rizieq Syihab sudah dicekal selama 1,5 tahun. Menurut Mahfud, berdasarkan hukum Indonesia, pencekalan paling lama hanya 6 bulan.

“Sampai hari ini tidak ada bukti atau indikasi bahwa pemerintah Indonesia mencekal Habib Rizieq,” kata Mahfud, Selasa (12/11/2019).

Mahfud pun heran jika Habib Rizieq dicekal setahun lebih. Mahfud minta agar penyebab pencekalan tesebut ditanyakan pada otoritas Arab Saudi.

“Ngakunya sudah 1,5 tahun dicekal. Berarti tidak bermasalah dengan Indonesia. Itu kan harus ditanyakan ke Arab Saudi, kenapa dicekal? Kita enggak tahu,” ujar Mahfud.

“Kalau ada buktinya bahwa Indonesia mencekal, bilang ke saya, nanti saya selesaikan. Gitu saja,” tambahnya.

Diinformasikan sebelumnya, Ketua Umum Front Pembela Islam (FPI) Ahmad Sobri Lubis mengatakan bahwa pencekalan terhadap imam besarnya, Habib Rizieq Syihab tergolong pelanggaran HAM serius. Di matanya, pemerintah acuh tak acuh terhadap persoalan ini.

“Kita lihat bahwa sikap diam atau acuh tak acuh rezim ini terhadap status Habieb Rizieq ini sebagai warga negara Indonesia, ini adalah pelanggaran HAM serius,” kata Sobri Lubis, saat menyampaikan keterangan dalam konferensi pers di DPP FPI, Senin (11/11/2019). her

Editor : Suci Irawati