KatusbaNews

Soroti Pilwalkot Solo, Hendri Satrio: Tinta Negatif Akan Dicoretkan Gibran

Bagikan:
Katusba.com \ Gibran mencalonkan dalam pilwalkot solo
Gibran Rakabuming Raka. net\katusba.com

KatusbaNews | Langkah putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming, yang mulai ancang-ancang untuk terjun ke kancah perebutan kursi dalam pertarungan Pilwalkot Solo, meluapkan isu panas.

M Qodari, founder lembaga survei Indo Barometer mengatakan, pencalonan Gibran bakal menuai keriuhan, karena ada anggota keluarga presiden yang jadi penerus untuk jabatan publik.

“Mau nggak mau orang akan membaca seperti itu, karena dinasti politik terdefinisi di mana keluarga menjadi penerus atau menjadi suksesor bagi sebuah  jabatan publik, terutama kepala daerah dan kepala pemerintahan,” ungkap Qodari soal pencalonan walkot Solo, Rabu (9/10/2019).

Menurut Qodari, pihak yang pro terhadap pencalonan walkot Solo ini akan menganggapnya sebagai hal wajar.

“Wajar dong, bapaknya jadi pengusaha anaknya pengin jadi pengusaha. Bapaknya wali kota, anaknya juga ingin jadi wali kota,” katanya.

Sedangkan yang kontra, menurutnya, akan mengatakan harus kasih kesempatan pada orang lain.

Ujung-ujungnya dinasti politik itu bakal minta bukti.

“Sang calon harus bisa membuktikan bahwa dia layak dengan cara menunjukkan program, tampil bagus di debat, dan semuanya bakal kembali lagi ke masyarakat,” sebutnya.

BACA JUGA:

Gibran Terjun ke Politik, Fahri Hamzah Bahas Susu Sebelanga

Sementara itu, pakar politik Universitas Paramadina, Hendri Satrio, memprediksi Gibran bakal menang mudah dalam kontestasi politik, namun tidak menguntungkan Jokowi.

“Kalau menang bakal dicibir. Jelaslah, dia anak Presiden. Kalau kalah juga tetap akan dicibir, masa anak Presiden kalah,” jawab Hendri, Rabu (9/10/2019), seperti dikutip detikcom.

Namun, menurut Hendri, ada satu hal yang patut dipertimbangkan, yakni Gibran akan mencatatkan Jokowi sebagai presiden pertama yang pada saat menjabat, anaknya maju ke perhelatan kompetisi daerah.

“Nah, jadi jadi tinta negatif itulah yang akan dicoretkan oleh Gibran,” tegasnya. els