KatusbaNews

Tak Lolos Administrasi CPNS 2019, Gunakan Saja Waktu Sanggah!

Bagikan:
Ilustrasi

KatusbaNews | Bagi peserta seleksi calon pegawai negeri sipil atau CPNS 2019, pelamar yang sudah dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) seleksi administrasi, bisa memperpanjang peluang dengan menggunakan waktu sanggah.

Hal ini disampaikan Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan. Menurutnya, waktu sanggah itu berlangsung maksimal 3 hari pascapengumuman.

“Nantinya, instansi yang bersangkutan punya waktu maksimal tujuh hari untuk menjawab sanggahan tersebut,” kata Ridwan, Senin (28/10/2019).

Fasilitas waktu sanggah ini diberikan untuk meminimalkan terjadinya ketidakpuasan para pelamar terhadap putusan hasil seleksi administrasi, yang dikeluarkan instansi yang bersangkutan.

Untuk itu, pelamar diimbau agar mempersiapkan dokumen-dokumen dengan baik dan hanya mengunggah semua dokumen yang diminta, sesuai persyaratan.

Menurut Ridwan, tahun ini pemerintah tidak lagi membuka formasi bagi tenaga administrasi, karena jumlahnya saat ini hampir separuh dari total di Indonesia.

Ridwan mengimbau agar sebelumnya masyarakat membaca dan memahami terlebih dahulu segala ketentuan pendaftaran yang terdapat pada portal SSCASN.

Pada CPNS 2019 tahun ini terdapat dua jenis formasi yang dibuka, yakni formasi umum dan formasi khusus. Formasi khusus meliputi cumlaude, diaspora, dan disabilitas pada instansi pusat dan daerah, dan formasi khusus bagi putra-putri Papua.

Formasi lainnya yang bersifat strategis ada pada instansi pusat. Sementara, formasi jabatan yang dibuka adalah tenaga pendidikan, kesehatan, dosen, teknis fungsional, dan teknis lainnya. ros