KatusbaNews

Tekan Angka Perceraian, Kemenag Sumedang Gelar Bimbingan Nikah Gratis

Bagikan di:

KatusbaNews| Syarat sertifikat nikah untuk calon pengantin mulai berlaku tahun 2020 mendatang. Berkaitan dengan itu, Kantor Kementrian Agama Kabupaten Sumedang menggelar kegiatan bimbingan pranikah usia remaja secara gratis.

Salah satunya dilakukan pada 27-28 November 2019, dan memberikan sertifikat menikah bagi 100 orang peserta.

Peserta kegiatan kali ini didominasi mahasiswa asal Kabupaten Sumedang.

H. Ma’mun, M.Si. selaku Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam menuturkan bahwa latar belakang kegiatan ini adalah untuk membekali kaum muda agar memiliki pemahaman yang lebih matang soal membangun bahtera rumah tangga.

Peserta dibekali materi selama 16 jam pelajaran, dalam waktu dua hari.

“Latar belakang sangat mendasar dari kegiatan ini adalah membekali pemahaman pernikahan, untuk mengurangi tingkat perceraian” tutur Ma’mun, Jumat (29/11/2019).

Selain itu, dijelaskan olehnya bahwa kenaikan perceraian di Kabupaten Sumedang setiap tahunnya mencapai 40%. Pemicu perceraian paling banyak adalah kondisi sosial ekonomi.

Saat ini, selain mengadakan bimbingan pranikah secara masal, Kemenag juga telah memberikan pembekalan pada calon pengantin (catin) yang sudah mendaftar ke KUA.

Pembekalan itu meliputi bimbingan mandiri atau bimbingan kelas.

“Ke depannya,  bimbingan ini mudah-mudahan selain ke catin, bisa diberikan pada usia remaja seperti SMA atau remaja putus sekolah yang sudah memasuki usia menikah,” ungkap H. Muhammad Zenal Muttaqin S.Ag., pejabat fungsional umum Kabupaten Sumedang, Jumat (29/11/2019).

Sedangkan untuk pemberlakuan sertifikat menikah di Kabupaten Sumedang masih menunggu aturan yang ditetapkan oleh Kementrian Agama Republik Indonesia. (*)

Editor : Suci Irawati

Mayang Anggarani
Mayang Anggarani
"Bergerak atau tergantikan." Reporter yang cekatan dan hobi solo travelling. [email protected]
https://katusba.com/author/mayang

Tinggalkan Komentar