KatusbaNews

Tumbangkan Belasan Korban di Sumedang, Ini Efek Positif dan Negatif Kopi Perkasa

Bagikan di:

Katusba.com | Kopi Perkasa telan korban.
Ilustrasi

KatusbaNews | Sumedang, Jawa Barat, dihebohkan peristiwa keracunan kopi perkasa yang menimpa belasan pria. Kopi tersebut bermerk Kopi Cleng dan Kopi Jantan.

Tujuan minum kopi tersebut, selain untuk menambah keperkasaan di ranjang, juga menambah stamina, sehingga lebih fresh dan tidak cepat lelah saat bekerja.

Namun, apa daya, setelah minum kopi perkasa, para korban bukannya tambah kuat, melainkan mengalami keracunan. Alhasil, mereka dilarikan ke IGD RSUD Sumedang, Selasa (17/9/2019) malam.

Seorang korban, Didi (58), mengalami lemas, pusing, dan mual, hanya setengah jam setelam minum kopi perkasa.

“Suami saya malah jadi lemas, hingga tak mampu berjalan. Bekata-kata juga susah, seperti orang yang terkena stroke,” ucap Cacih, istri Didi.

Selama ini, kopi perkasa bermerek Kopi Cleng itu memang sudah dikenal masyarakat sebagai penambah stamina dan keperkasaan.

Kopi Cleng juga banyak diketahui sebagai kopi herbal karena kandungannya. Di antaranya mengandung bahan-bahan penambah stamina tubuh seperti pasak bumi, ginseng dan sanrego.

Menurut Fiastuti Witjaksana, dokter gizi klinik dari MRCCC Siloam Semanggi Jakarta, pasak bumi adalah jenis tanaman berkhasiat yang bisa digunakan sebagai campuran obat herbal. Dalam senyawa pasak bumi terdapat zat-zat yang berefek menambah vitalitas kaum pria.

“Sedangkan ginseng dipercaya sebagai bahan herbal yang bisa mempercepat penyembuhan setelah sakit dan juga untuk menambah daya tahan tubuh,” kata Fiastuti, Rabu (18/9/2019).

“Ginseng juga diyakini dapat mengobati diabetes, hepatitis, dan merupakan penurun kolesterol,” katanya.

Sedangkan sanrego, menurutnya, memiliki khasiat untuk mengobati lemah syahwat.

Karena banyak mengandung bahan-bahan herbal dan dianggap tanpa efek samping, maka kopi perkasa ini diyakini sangat aman dikonsumsi dan bermanfaat bagi kesehatan.

Sementara itu, dosen Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Jakarta II, Rita Ramayulis, mengatakan bahwa dari sisi manfaat, kopi perkasa memiliki efek sebagai penghilang rasa kantuk, menambah gairah seksual, menjaga stamina, dan melancarkan sirkulasi darah.

“Tetapi walaupun bermanfaat, kopi perkasa juga memiliki efek samping, yang mungkin tingkat pengaruhnya  berbeda-beda pada setiap orang,” kata Rita

Efek samping itu, sebut Rita, di antaranya adalah terjadinya instabilitas denyut jantung, timbul gelisah dan keluar keringat dingin.

“Juga timbul efek gemetar pada tubuh dan kadang-kadang muncul rasa pusing,” ungkapnya. tln

Tinggalkan Komentar