KatusbaNews

Ups… Nyelonong ke Kanal PLTU Paiton, Seekor Hiu Paus Terjebak

Bagikan di:

Katusba.com | Paus terjebak di PLTU Paiton
Hiu paus yang terjebak. ist/katusba.com

KatusbaNews | Selama berhari-hari, seekor hiu paus gemuk terjebak di kanal PLTU Paiton, Kabupaten Probolinggo. Pihak PLTU terus berupaya membebaskan paus itu.

Kasi Program dan Evaluasi BPSPL, Kementerian Kelautan Perikanan, Permana Yudiarso membenarkan ada seekor hiu yang nyelonong ke area tersebut.

Pengamatan langsung terhadap hiu tersebut dilakukan Kamis (12/9/2019). Tampak seekor hiu paus dengan panjang 4,5 meter tak bisa keluar dari saluran air (inlet) 8 PLTU Paiton.

“Hiu itu kelihatan berusaha keras keluar saluran air PLTU. Tetapi sepertinya tak kuat melawan arus air yang cukup kencang, sehingga dia kembali lagi,” terang Permana, Senin (16/9/2019).

Kata Permana, untuk menolong hiu, pihaknya sempat melakuan penyinaran cahaya ke mata hewan tersebut. Namun hasilnya kurang efektif.

Hingga saat ini, pihak PJB PLTU Paiton belum menyampaikan keterangan resmi ihwal masuknya ikan yang dilindungi itu ke saluran Inlate 8.

Sebetulnya, ini bukan kejadian pertama di PLTU Paiton. Empat tahun silam, hiu paus seberat 6 ton juga terjebak di intake kanal PLTU Paiton. Setelah gagal dibebaskan, ikan tersebut akhirnya mati. pam

Editor : Suci Irawati

Tinggalkan Komentar