KatusbaSports

Atlet Senam Diisukan Tak Perawan, Menpora Bilang Begini

Bagikan di:
Zainudin Amali

KatusbaSports | Pemulangan atlet senam asal Kediri, Shalfa Avrila Siani (17), bikin heboh. Mulanya, atlet ini hendak dikirim ke Sea Games 2019 Filipina. Alasan pemulangan karena Shalfa diisukan tidak perawan.

BACA JUGA:

Duh! Atlet Senam Sea Games 2019 Dipulangkan Gegara Diisukan Tak Perawan

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengatakan telah mengecek informasi ini. Jika nantinya ditemukan tindakan pemulangan paksa dengan alasan atlet tidak perawan, Zainudin memastikan akan menindak tegas.

“Sesuai Perpres 95 tahun 2017, hak promosi dan degradasi atlet itu memang ada di Cabang olahraga, bukan di Kemenpora ataupun KONI.”

“Tapi jika benar pemulangan atlet itu karena dugaan keperawanan seperti dikatakan pelatihnya, kami akan tindak tegas,” kata Zainudin melalui siaran persnya, Jumat (29/11/2019).

Tindakan tegas ini diambil, sambung Zainudin, karena soal keperawanan merupakan privasi dan kehormatan seseorang, tak ada hubungannya dengan prestasi.

Zainudin juga mengingatkan seluruh cabang olahraga agar tidak memicu kehebohan. Soalnya, hal semacam itu berdampak pada konsentrasi atlet.

“Lebih baik berkonsultasilah secara langsung pada pimpinan induk cabor ataupun KONI. Jika tidak dapat terselesaikan, langsung ke Kemenpora, agar isu-isu sensitif seperti itu bisa segera dimitigasi secepatnya,” katanya. (*)

Editor : Suci Irawati

Dina Rizqiana
Dina Rizqiana
Senang menulis dan jalan-jalan.

Tinggalkan Komentar