Kategori: KatusbaSports

Di India, Pelatih Bulutangkis Asal Indonesia Digaji Rp114 Juta/Bulan

Bagikan:
Agus Dwi Santoso

KatusbaNews | Minta agar visa Agus Dwi Santoso segera diterbitkan, Otoritas Olahraga India (SAI) berkirim surat pada pihak berwenang Indonesia, pada Jumat (28/2/2020).

Surat permohonan tersebut merupakan kelanjutan dari persetujuan Kementerian Olahraga India terkait penunjukan Agus sebagai pelatih bulutangkis sektor tunggal di India.

“Saya diarahkan untuk merujuk pada surat SAI…untuk menyampaikan persetujuan penunjukan Agus Dwi Santoso sebagai pelatih asing (sektor tunggal) dalam displin olahraga bulutangkis dengan gaji 8 ribu dolar (sekitar Rp 114 juta) per bulan…untuk periode hingga Olimpiade 2020,” demikian isi surat Kementerian Olahraga India pada SAI.

Menurut Ajay Singhania, Sekretaris Asosiasi Bulutangkis India (BAI), proses visa untuk Agus telah dimulai.

Diperkirakan, Agus akan mulai bergabung bersama tim bulutangkis India pada pertengahan Maret 2020.

“SAI telah menyampaikan surat ke pihak berwenang Indonesia untuk memberinya visa sebagai pelatih asing di bulutangkis,” ungkap Singhania dikutip dari Times of India, Sabtu (29/2/2020).

“Jika sudah mendapatkan visa kerjanya, Agus bisa mulai bekerja pada minggu kedua di bulan Maret ini. Sepertinya, Agus tidak akan bisa bergabung dengan tim saat All England,” sambungnya.

Namun, disebutkan Singhania, tidak tertutup kemungkinan pihaknya akan memperpanjang kontrak Agus sebagai pelatih bulutangkis jika hasil di Olimpiade 2020 memuaskan.

“Agus ini pelatih yang sangat baik. Kami berharap bisa memperpanjang kontraknya hingga Olimpiade 2024. Jika kinerjanya memuaskan, kami akan mendekati SAI lagi (untuk melobi perpanjangan kontrak Agus),” tutur Singhania.

Ini bukan pertama kalinya Agus Dwi Santoso jadi pelatih bulutangkis negara di luar Indonesia.

Sebelumnya, dia pernah melatih Vietnam dan melatih tunggal putra Korea Selatan pada 2016 sebelum bergabung ke Timnas Thailand pada 2018.

Berdasarkan catatan India juga pernah mengontrak pelatih bulutangkis Indonesia lainnya, yakni Mulyo Handoyo, yang juga pernah melatih legenda bulutangkis nasional Taufik Hidayat. (*)

Dina Rizqiana

Berita Terbaru

Daya Tular Corona Bakal Melemah di Musim Panas, Betul Gak Sih?

KatusbaNews | Muncul di akhir tahun 2019, kasus Covid-19 meluas begitu cepat. Hingga 29 Maret 2020, laman www.worldometers.info/coronavirus/ melaporkan terdapat…

30 Maret 2020

Jatuh di Filipina, 8 Penumpang Pesawat Lionair Tewas

KatusbaNews | Pesawat Lionair terbakar saat lepas landas dan menewaskan 8 orang. Pesawat komersial milik maskapai yang berbasis di Filipina…

30 Maret 2020

Parah! Begini Dampak Lockdown Total di India

KatusbaNews | Kebijakan lockdown total yang diberlakukan pemerintah India berdampak kekacauan. Hampur semua bisnis ditutup dan pertemuan publik ditiadakan. Warga…

29 Maret 2020

Jus Kulit Jeruk Bisa Tangkal Corona? Ini Kata Peneliti

KatusbaNews | Senyawa penangkal virus corona ternyata terdapat pada kulit jeruk. Hal ini disampaikan oleh tim peneliti dari IPB dan…

29 Maret 2020

Italia Catatkan Jumlah Kematian Tertinggi Akibat Corona

KatusbaNews| Virus corona meluluhlantakkan Italia. Lebih lebih dari 10.000 warganya meninggal dunia gara-gara virus ini, walaupun sudah melakukan lockdown selama…

29 Maret 2020

Tingkat Kematian Covid-19 di Jerman Rendah, Ternyata Ini Penyebabnya

KatusbaTechno | Dengan jumlah kasus sebanyak 47.373,  Jerman jadi negara dengan kasus Covid-19 peringkat lima di dunia, setelah Spanyol (64.059…

29 Maret 2020