KatusbaSports

Respons Janji Gombal Malaysia, Kemenpora Layangkan Surat Kekecewaan

Bagikan di:

KatusbaSports | Atas terjadinya insiden yang menimpa suporter tim nasional Indonesia saat laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia Grup G kontra Malaysia, Selasa (19/11/2019), Pemerintah Republik Indonesia via Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) layangkan surat kekecewaan.

BACA JUGA:

Netizen Luapkan Kemarahan, Tagar #GanyangMalaysia Meroket

Insiden berdarah tersebut terjadi saat laga di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, yang dipicu sejumlah kericuhan antarsuporter saat sebelum maupun sesudah pertandingan.

Melalui pernyataan resmi, Kemenpora menyayangkan sikap pemerintah Malaysia yang mengingkari kesepakatan sebelumnya.

Sementara surat yang akan disampaikan bakal ditembuskan pada Kementerian Luar Negeri RI dan Pengurus PSSI.

Menpora Malaysia sendiri sempat menanggapi kericuhan di GBK beberapa waktu lalu, dengan mengucapkan selamat datang pada suporter Indonesia yang akan menyaksikan duel 19 November 2019 di Kuala Lumpur, dan disebutkan akan disambut dengan ramah oleh suporter Malaysia.

“Tapi ternyata hal ini tidak sepenuhnya terjadi,” demikian tertulis dalam surat tersebut.

Kemenpora akan minta pada PSSI untuk menyampaikan insiden itu pada FIFA. Pasalnya, saat pertemuan kedua Menpora pada tanggal 6 September 2019, Menpora Malaysia tetap membiarkan Federasi Sepakbola Malaysia melaporkan insiden GBK ke FIFA, walaupun pihak mereka sudah menerima permohonan maaf dari Indonesia.

“Kemenpora akan meminta pihak Kepolisian Malaysia untuk mengusut tuntas insiden yang sempat menimbulkan luka fisik pada suporter Indonesia (plus perampasan paspor) dan membawanya secara transparan ke jalur hukum,” tulis surat tersebut. (*)

Editor: Reza Hamdani Rohmawan

Elsya Tri Ahaddini
Elsya Tri Ahaddini
Penulis yang sudah berpuluh-puluh tahun bergelut dengan pena dan inspirasi. Senang cappuccino dan menulis. [email protected]

Tinggalkan Komentar