KatusbaSports

Tak Muda Lagi, Tapi Tetap Enerjik Saat Menggowes

Bagikan:
katusba-Budin
Pepen Apendi dan Budin/katusba.com

KatusbaSports | Saat ini,  orang-orang lebih memilih mengendarai kendaraan bermotor ketimbang bersepeda. Padahal, menjadi seorang pengguna sepeda atau goweser memberikan banyak manfaat.

Pepen Apendi (56) dan Budin (56) yang ditemui di Gowes HIPMI Fun Bike yang digelar Minggu (8/12/2019) di Kabupaten Sumedang, mengatakan bahwa dengan menggowes sepeda, hidup terasa lebih sehat.

Usia keduanya saat ini sudah tak muda lagi. Namun, perkara usia tak menghentikan mereka melakoni hobi yang disukainya sejak 10 tahun lalu itu.

Mereka juga telah terbiasa mengikuti berbagai kegiatan tour sepeda seperti di Kabupaten Pangandaran dan Tasik yang di adakan satu tahun sekali.

“Kalau bisa, Sumedang lebih sering mengadakan kegiatan gowes bikers. Selain untuk kepentingan kesehatan,  juga untuk mempererat silaturahmi,” ungkap Pepen, Minggu (8/12/2019).

Bersemangat menjadi goweser memberikan efek positif pada tubuh. Mereka menjelaskan bahwa dampak dari bersepeda yaitu melatih napas agar lebih bagus, menguatkan otot kaki, bikin tidur nyenyak, dan makan pun lahap.

“Olahraga murah yang bisa dilakukan oleh siapa saja, ya dengan bersepeda” sambung Budin.

Menurut keduanya, kegiatan bersepeda yang baik untuk kesehatan dapat dilakukan sebanyak 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

Dengan begitu, tubuh akan terasa segar dan kesehatan akan lebih terkontrol. Jarak yang dapat ditempuh untuk goweser pemula, saran mereka, jangan terlalu jauh agar kaki tidak keram.

“Tapi, untuk yang sudah terbiasa, bersepeda dengan jarak tempuh sekitar 50 km sudah cukup,” kata Pepen. (*)

Editor: Reza Hamdani Rohmawan