KatusbaTechno

Aturan Baru Nih! Kini Pengguna WhatsApp Tak Bisa Begitu Saja Dimasukkan ke Grup

Bagikan di:

KatusbaNews | Kini, WhatsApp punya pengaturan baru, sehingga pengguna tak bisa begitu saja dimasukkan ke dalam grup.

Menurut Kepala Kebijakan Publik Facebook Indonesia Ruben Hattari, fitur ini merupakan hasil diskusi bersama, antara pihaknya dengan elemen masyarakat dan pemerintah.

“Kita kan nggak mau diundang ke grup-grup di mana kita tak kenal para anggotanya. Maka, user sebaiknya punya kontrol apa dan siapa saja yang bisa mengakses,” kata Ruben, Kamis (7/11/2019).

Kini, pengguna bisa menentukan siapa saja yang bisa bergabung ke dalam grup percakapan di WhatsApp. Caranya adalah pertama-tama buka pengaturan atau setting, lalu pilih akun. Setelah itu, pilih privasi, kemudian group.

Selanjutnya pilih saja 3 opsi yang ada, yakni “Semua Orang”, “Kontak Saya,” atau “Kontak Saya Kecuali.”

Pada pilihan “Kontak Saya”, berarti hanya pengguna yang terdaftar dalam daftar kontak yang bisa menambahkan ke dalam grup. Sedangkan dengan “Kontak Saya Kecuali”,  pengguna bisa memilah siapa saja dalam daftar kontak yang bisa mngundang ke grup.

Dengan begitu, admin yang tidak dapat menambahkan ke dalam grup, bisa mengirimkan undangan pribadi melalui chat individual. Pengguna memiliki waktu untuk menerima atau menolak undangan dalam waktu tiga hari.

Alhasil, pengguna punya kendali sendiri atas pesan grup yang diterima. Pengaturan ini telah diluncurkan pada sebagian pengguna sejak Rabu (6/11/2019), dan beberapa hari ke depan, akan tersedia bagi seluruh pengguna versi terbaru WhatsApp. suc

Editor: Reza Hamdani Rohmawan

Tinggalkan Komentar