KatusbaScience

Ahli Astronomi Universitas Montreal Temukan Sumber Kehidupan di Planet Luar Galaksi

Bagikan di:
Katusba.com | Exoplanet yang ditemukan ahli astronomi
Exoplanet. (Photo by sci-news)

KatusbaScience | Di tengah berbagai klaim warganet yang menyuarakan Bumi semakin tidak layak ditinggali, sekelompok ahli astronomi Universitas Montreal, Kanada, mengkonfirmasi bahwa pihaknya telah menemukan sumber kehidupan di planet selain Bumi.

Kampanye kehidupan go green dan peringatan soal pemanasan global memang tengah marak disuarakan di berbagai media sosial terkenal seperti twitter, facebook, dan instagram. Namun, temuan dari Profesor Björn Benneke dkk. ini mungkin bisa menjadi harapan apabila bumi memang akhirnya menjadi tidak layak huni seperti dikutip dari science daily.

Temuan para ahli astronomi Universitas Montreal ini berdasarkan laporan dari pesawat luar angkasa Kepler (pesawat tanpa awak) yang sudah menemukan setidaknya 2/3 dari total exoplanet (planet di luar galaksi Bumi).

Hasil temuan satelit tersebut mengindikasikan adanya uap air dan kemungkinan besar adanya awan yang berasal dari uap air di exoplanet yang diberikan nama planet K2-18b. Planet ini ukurannya sembilan kali lebih besar dari ukuran Bumi.

Meskipun begitu, ukuran bintang yang menjadi titik pusat dari galaksi planet tersebut cenderung lebih dingin dibanding matahari yang ada di galaksi kita.

Berkat posisinya yang dekat dengan pusat galaksi, planet K2-18b ini diprediksi merupakan planet yang layak huni. Berdasarkan data diatas, ahli astronomi berhipotesis bahwa planet ini kemungkinan besar memiliki siklus hujan yang sama dengan Bumi.

Editor: Ghivarra Senandika Rushdie

Ghivarra Senandika Rushdie
Ghivarra Senandika Rushdie
"Bersikap adil semenjak masih dalam pikiran" -Pramoedya Ananta Toer [email protected]

Tinggalkan Komentar