KatusbaScience

Panik Makin Tua Makin Gemuk? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Bagikan di:
Katusba.com | makin gemuk

KatusbaScience | Kesulitan menjaga berat badan menjadi hal yang lumrah seiring berjalannya waktu. Makin tua seseorang maka makin gemuk pula tubuhnya, kenapa demikian?

Nah, sebuah penelitian dari Institut Karolinska menemukan fakta yang menarik. Sederhananya, pergantian lipid pada tisu lemak di dalam tubuh manusia akan semakin menurun seiring berjalannya usia.

Menurunnya tingkat pergantian lipid ini jelas membuat lemak semakin cepat bertambah walaupun sudah berolahraga lebih dan melakukan diet dibanding ketika muda dulu seperti dilansir dari Jurnal Nature Medicine.

Peneliti dari Karolinska ini mengungkapkan ada penambahan sebanyak 54 sel lemak dalam tubuh manusia dalam kurun waktu 13 tahun. Dalam kurun waktu tersebut, tingkat pergantian lipid terus menurun walaupun berat badan turun.

Angka diatas adalah tingkatan dimana lipid di dalam sel lemak dihilangkan atau disimpan. Bagi orang yang tidak mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi dalam kurun waktu 13 tahun, maka akan bertambah gemuk hingga 20 persen, loh!

Katusba.com | makin gemuk

Jadi, apabila jumlah kalori yang anda konsumsi per hari sekarang tidak berubah selama 13 tahun maka dapat dipastikan berat badan anda bisa naik sebanyak 20 persen dibanding 13 tahun yang lalu.

“Hasil ini mengindikasikan adanya perubahan proses pengelolaan lemak dalam tubuh kita. Perubahan dalam tisu lemak di dalam tubuh kita sangat berpengaruh dalam perubahan berat badan di dalam tubuh,” Ujar Peter Arner seperti dilansir dari ScienceDaily, Minggu (22/9/2019).

Satu-satunya upaya untuk meningkatkan tingkat pergantian lipid ini adalah dengan rajin berolahraga. Penelitian ini juga mengamini bahwa orang yang lebih rajin berolahraga tetap bisa mempertahankan tingkat pergantian lipid dalam tubuhnya. ipi

Editor : Suci Irawati

Tinggalkan Komentar