KatusbaScience

Ultah ke-6, Gorila Anaka Mendadak Ngetop, Ini Penyebabnya

Bagikan di:

KatusbaScience | Baru-baru ini, seekor gorila imut yang tinggal di Kebun Binatang Atlanta mendadak ngetop bak selebgram, lantaran memiliki jari yang menyerupai milik manusia.

Gorila Anaka ini jadi sorotan netizen, setelah fotonya diunggah di Facebook pada perayaan ulang tahunnya yang ke-6.

Usut punya usut, bentuk jari jemari Anaka itu terjadi karena kelainan pigmen yang dideritanya. Akibat kelainan itu, ujung-ujung jarinya tampak seperti jari manusia.

Uniknya, semua primata memiliki sidik jari yang berbeda-beda, dan bisa digunakan untuk kepentingan identifikasi seperti halnya manusia. Beda dengan kebanyakan hewan yang memiliki cakar, primata memiliki kuku.

Pengasuh Anaka menyebutkan, keunikan si imut ini tak hanya pada jari jemari dan kulitnya. Kepribadiannya juga cukup unik, dan berbeda dengan primata lain seusianya.

Dia bisa menggonggong pada ibunya dan pengasuh, untuk mendapatkan tempat yang nyaman atau saat minta makanan maupun dan jus.

“Dia juga senang main kuda-kudaan dengan saudaranya,” tulis Kebun Binatang Atlanta, seperti dikutip dari Bored Panda.

Kisah Anaka ini di-share oleh akun Twitter @semestasains pada 28 Desember 2019 dan sontak mencuri perhatian warganet Indonesia.

“Anaka, gorila usia 6 tahun berulang tahun di kebun binatang Atlanta. Anaka memiliki kelainan pigmen di ujung jarinya yang menjadikan 2 foto-fotonya viral. Kira-kira apa yang menyebabkan foto jari Anaka menjadi viral? By the way, gorila dan manusia memiliki kesamaan DNA mencapai 98 persen,” tulis akun @semestasains, yang dilengkapi foto-foto Anaka.

Unggahan yang telah dibagikan sebanyak ribuan kali itu menuai banyak komentar warga Twitter. Sebagian besar merasa gemas melihat tampang gorila ini. (*)

Editor : Suci Irawati

Dina Rizqiana
Dina Rizqiana
Senang menulis dan jalan-jalan.

Tinggalkan Komentar