KatusbaTechno

Wow..! Fiber Optik Ternyata Bisa Digunakan Untuk Alat Pendeteksi Gempa

Bagikan di:
Katusba.com | Fiber Optik Hitam
Dark Fiber Optik (Katusba.com)

KatusbaTechno | Fiber optik kini sudah dikembangkan agar bisa mendeteksi gempa. Tentunya fiber optik yang digunakan juga bukanlah fiber optik sembarangan. ‘Dark Fibers’ merupakan nama jenis dari fiber optik yang dikembangkan untuk mendeteksi gempa.

Nama Fiber optik bukanlah hal yang asing bagi warga Indonesia. Hal ini disebabkan akibat promo besar-besaran mengenai fiber optik yang digunakan oleh penyedia jasa internet di Indonesia.

Apabila dipasang secara masif, fiber optik hitam ini bisa mendeteksi gempa dan memberikan peringatan. Hal ini disebabkan oleh sensor fiber optik yang sangat sensitif sehingga dapat memprediksi gempa dan mengukur kekuatan gempa dengan tepat bahkan sebelum gempa terjadi.

Tentunya, hal itu baru dapat dicapai apabila fiber optik tersebut dipasang sepanjang ribuan kilometer di bawah tanah. Persyaratan ini jelas untuk meningkatkan akurasi dari fiber optik ini sendiri.

Hal ini juga dikonfirmasi oleh tim peneliti dari Lab Nasional Lawrence Berkeley di Amerika Serikat yang bekerjasama dengan Universitas California. Fiber optik hitam ini berpotensi menghasilkan teknik pengukuran yang memiliki akurasi tingkat tinggi apabila digunakan dengan benar. gsr

Editor: Ghivarra Senandika Rushdie

Tinggalkan Komentar