KatusbaTravels

Awesome! Seperti Ini Beningnya Air Danau Labuan Cermin

Bagikan di:

Katusba.com | Danau Labuan
Danau Labuan Cermin. instagram/katusba.com

KatusbaTravels | Danau Labuan Cermin ini benar-benar berbeda dengan danau lainnya. Bagaimana tidak, kebeningannya benar-benar tingkat dewa. Walaupun cukup dalam, tetapi dasarnya yang berupa permukaan pasir tampak bersih dan jelas.

Danau Labuan Cermin ada di Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Dari ibu kota Kabupaten Berau, Tanjung Redeb, destinasi wisata ini bisa ditempuh dengan perjalanan darat dalam waktu 6 sampai 7 jam.

Menuju lokasi, pengunjung harus menumpang kapal dari dermaga, dengan harga sewa pulang pergi Rp200.000.

Danau indah ini dinamakan Labuan Cermin lantaran mampu memantulkan cahaya matahari secara utuh, seperti halnya permukaan cermin.

Konon, hal ini bisa terjadi lantaran bagian permukaan Danau Labuan Cermin bercita rasa asin seperti air laut. Sedangkan air di lapisan dalam danau terasa tawar.

Di antara dua jenis air itu terdapat lapisan pemisah, sehingga pantulan cahaya bisa maksimal.

Dua jenis air itu membuat orang menjulukinya sebagai danau dua rasa.

Kebeningan airnya membuat danau ini tampak dangkal. Namun, pengunjung perlu waspada, karena sesungguhnya danau ini memiliki kedalaman 4 hingga 5 meter.

Danau dua rasa ini dikelilingi pepohonan tinggi, sehingga suasana di sekitarnya sangat teduh dan kaya akan oksigen.

Pemerintah daerah setempat telah menjadikan danau ini sebagai kawasan konservasi. Ke depan, destinasi wisata ini akan dilengkapi berbagai sarana penunjang sehingga wisatawan akan merasa lebih nyaman berkunjung ke sini.

Di tempat ini, wisatawan diperbolehkan berenang, snorkeling, atau menyelam. Saat berada di dalam air, penyelam akan mendapati ikan-ikan cantik.

Rasa air yang berbeda membuat komunitas ikan terbagi dua. Karenanya, tak sulit membedakan mana kelompok ikan air tawar dan mana yang termasuk ikan air laut.

Bagi yang berniat melakukan aktivitas snorkeling, tak perlu repot membawa peralatan sendiri. Di dermaga penyeberangan ada tempat penyewaan alat snorkeling berikut pelampungnya.

Di lokasi danau juga terdapat penyewaan ban pelampung dan perahu air yang dilengkapi kaca transparan di bagian bawahnya. ttr

Editor : Suci Irawati

Tinggalkan Komentar