KatusbaTravels

Balut, Sajian Ekstrem Gemes-gemes Sedap Ala Filipina

Bagikan di:

Katusba.com | Balut Filipina

KatusbaTravels | Makanan yang populer di Filipina satu ini memang lain dari yang lain. Balut merupakan telur yang berisi embrio bebek atau ayam yang berusia 18-21 hari.

Berdasarkan catatan sejarah kuliner, sajian ini disebut-sebut berasal dari China. Biasanya dijajakan pedagang kaki lima. Sebelum disantap, telur berisi janin ayam ini harus direbus dulu selama 20 menit. Kokinya harus “tega” merebus embrio yang bergelung di dalam telur hidup-hidup.

Faktanya, tak semua warga Filipina menggemari balut. Ada yang suka sekali, ada pula yang sama sekali tak ingin menyentuh. Tapi, tak jarang juga ada yang mau memakannya, walau dengan perasaan gemes-gemes sedap. Suka tapi tak tega.

Balut dipercaya bisa meningkatkan stamina, karena kaya akan protein, vitamin, dan kalsium. Umumnya kaum ibu sudah membiasakan anak-anaknya untuk mengonsumsi balut.

Balut bisa dimakan dengan berbagai selera dan gaya. Dikupas begitu saja lalu dibubuhi sedikit garam sudah enak. Tapi, bisa juga dimodifikasi dengan membubuhinya dengan sambal kecap cuka, bubuk cabai, tetesan lemon, cabai bubuk,  atau sedikit madu.

Warga Filipina mengonsumsi balut kapan pun mereka mau. Mau dimakan saat nonton film di bioskop atau dibikin menu sarapan, tak ada pantangan. Berniat mencoba? par

Editor : Suci Irawati

Tinggalkan Komentar