KatusbaTravels

Impikan Jadi Kawasan Wisata, Kebun Teh Cibubut Sumedang Memang Indah

Bagikan:
Kebun Teh Cibubut/Sumedangkab

 

KatusbaTravels | Memiliki view yang asri berbalut hawa sejuk menjadikan kawasan perkebunan teh di Cibubut Desa Jayamekar, Kecamatan Cibugel berpotensi jadi tempat wisata, seperti halnya perkebunan teh di Citengah dan Cisoka Sumedang Selatan.

“Banyak juga pendatang yang sengaja berkunjung ke sini, namun mereka hanya melintas atau sekadar mampir di warung pinggir kebun teh. Mungkin karena memang belum ada tempat khusus untuk menikmati pemandangan kebun teh,” ungkap warga Jayamekar, Dede Resmana, Sabtu (22/2/2020).

Disampaikan Dede, perlu penataan kawasan kebun teh jika ingin dijadikan tempat wisata. Terlebih, sebagian besar perkebunan teh Cibubut adalah lahan milik pribadi petani.

“Jadi, kalau kawasan kebun teh itu dijadikan tempat wisata, justru keuntungannya bisa buat warga Cibubut juga,” tuturnya.

Menurutnya, setiap hari Sabtu dan Minggu, banyak pendatang yang foto-foto di sekitar kebun teh.

”Biasanya, mereka itu, para pendatang, hanya istirahat di warung,” katanya.

Nani Sumarni SP, mantan Kades Jayamekar mengatakan bahwa luas areal perkebunan teh di Cibubut itu mencapai 30 hektare, dan dikelola warga setempat.

“Memang, betul, lahannya milik warga. Kalau luasnya ya variatif, dan mereka itu berkebun teh secara turun temurun,” ungkapnya.

Disampaikan Nani, dulu memang sudah banyak dilakukan terobosan-terobosan untuk mendongkrak sumber daya tersebut, tetapi masih harus dikembangkan lagi.

“Mungkin kalau sekarang ini, lebih cocok dikembangkan jadi daerah wisata,” katanya. (*)