KatusbaFoods

Manis dan Krispi, Jan Ethes jadi Nama Varietas Anggur

Bagikan di:
Tangkapan layar youtube

KatusbaFoods | Jan Ethes, nama cucu Presiden Joko Widodo (Jokowi), dipilih Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo jadi nama varietas anggur baru.

Mantan Gubernur Sulawesi Selatan ini menilai nama “Jan Ethes” punya makna yang pas dengan varietas anggur hasil pengembangan Balitbang Pertanian.

“Dalam bahasa Jawa artinya sangat bagus, Jan berarti sangat, Ethes berarti cekatan, pas sekali. Harapannya, anggur jenis baru ini akan meningkatkan produksi anggur dalam negeri, dan jadi buah unggulan dari Indonesia,” ujar Syahrul, Jumat (15/11/2019).

Menurut Syahrul, cita rasa anggur itu manis dan segar. Sedangkan tekstur daging buahnya krispi dan airnya tak begitu banyak.

Varietas anggur ini merupakan hasil pengembangan Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika (Balitjestro) Balitbang Kementan. Anggur ini juga tidak mudah rontok.

Jan Ethes ini kuat disimpan selama 7 hari dalam suhu ruangan. Sedangkan di ruang pendingin dapat bertahan hingga 14 hari. Dari sisi produktivitas, tanaman ini bisa menghasilkan anggur sebanyak 25 kilogram/tanaman/tahun.

Namun, sambil tersenyum, mentan mengaku belum minta izin Presiden Jokowi untuk penamaan itu.

“Saya belum izin siapa-siapa. Tapi yang pasti Jan Ethes merupakan anggur tropis yang istimewa dan berdaya saing” ucapnya. ris

Editor: Reza Hamdani Rohmawan

Tinggalkan Komentar