KatusbaTravels

Layak Untuk Paralayang, Batu Dua Tawarkan Spot Menawan

Bagikan di:

Katusba.com | Paralayang Batu Dua
Batu Dua. net/katusba.com

KatusbaTravels | Batu Dua bukan area perbukitan biasa. Di samping hawanya yang bisa menyejukkan tubuh dan pikiran, pemandangannya pun begitu natural, mampu memanjakan mata.

Area instagrammable ini berlokasi di di kawasan Gunung Lingga Desa Cimarga, Kecamatan Cisitu, Kabupaten Sumedang. Di sini terdapat banyak spot elok untuk selfi.

Karena kontur tanah, tingkat kemiringan, dan ketinggiannya yang mencapai 930 meter di atas permukaan laut, Batu Dua direkomendasikan sebagai lokasi terbaik di Indonesia untuk olahraga Paralayang.

Tak Cuma itu. Batu Dua juga mudah diakses, baik menggunakan sepeda motor maupun roda empat. Karenanya, pengunjung tak perlu berlelah-lelah mencapai lokasinya. Jarak dari Jalan Raya Sumedang-Wado, sekitar 3 km. Sedangkan jarak dari Sumedang Kota hanya 25 km.

Bagi penyuka olah raga paralayang atau paragliding, kawasan Batu Dua dinilai sangat ideal.

katusba.com - Paralayang Batu Dua
Batu Dua. net/katusba.com

Di Batu Dua, terdapat perpaduan perbukitan hijau yang sejuk dengan dataran rata yang luas. Nilai plus lainnya, di sekitar Gunung Lingga, ditemui beberapa titik termal atau uap panas bumi yang berefek positif bagi durasi terbang paralayang di udara.

Di tempat ini pun penyuka olahraga dirgantara bisa melayang di udara hingga sejauh 45 km dengan durasi sampai tiga jam.

Tak heran, Batu Dua terpilih sebagai tempat penyelenggaraan event bergengsi Indonesian Pre World Cup 2013 Batu Dua Open, tanggal 29 September sampai 4 Oktober 2013 silam.

Lalu, pada 23-26 Oktober mendatang, Batu Dua dipastikan terpilih kembali sebagai salah satu lokasi Kejuaraan Dunia Paralayang Kelas Cross Country.

Keunggulan kondisi geografis di Gunung Lingga ini memang cukup kompetitif dibanding lokasi lainnya yang kerap digunakan kejuaraan paralayang tingkat dunia seperti di Alanya atau Tatlisu, Turki.

Kelebihan lokasi ini, selain sangat prima untuk aktivitas paralayang, juga memiliki pemandangan alam yang memikat.

Batu Dua masih berdekatan dengan situs Prabu Tadjimalela di Gunung Lingga. Sedangkan untuk naik ke lokasi bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua atau empat. alf

Tinggalkan Komentar