KatusbaTravels

Maguro No Medama, Sajian Bola Mata Tuna yang Menggoda

Bagikan di:

Katusba.com | Bola mata tuna yang menggoda.

KatusbaTravels | Pernahkan Anda melihat sepasang bola mata tuna melotot di piring makan? Di Indonesia, menu seperti ini memang belum lumrah. Tapi di Jepang, mata tuna jadi menu unggulan yang banyak penggemarnya.

Selama ini, kita lebih banyak mengenal kuliner Jepang seperti sushi, tempura, teriyaki, sashimi, ramen dan lain-lainnya. Menu mata ikan belum sepopuler sajian-sajian tersebut.

Di negeri sakura, bola mata tuna yang besarnya seukuran bola tenis biasa diolah jadi makanan pembuka. Mata tuna memiliki bagian luar yang disebut sclera, yang menahan lensa, bagian iris, dan cairan menyerupai agar-agar.

Setelah dimasak, sclera jadi sangat kenyal, namun bagian dalamnya lebih lunak, dan sangat menyenangkan ketika disedot keluar seperti sumsum tulang. Lembek-lembek gurih, begitu menggoda lidah.

Biasanya, koki sedikit meremas bola mata dengan racikan saus kedelai dan mirin, atau menumisnya dengan minyak wijen, bawang putih,  dan jahe.

Katusba.com |

Bola mata tuna yang sedap itu disebut maguro no medama. Menu unik ini  biasanya tersaji di “Izakaya” yang merupakan café rakyat dan kerap dikunjungi orang-orang sepulang kerja.

Bola mata tuna bisa dimasak satu saja, atau sepasang sekaligus. Kadang-kadang, sajian ini dijodohkan dengan Tuna’s Tears, minuman langka yang diracik dengan soju dan lensa tuna mentah. Hmm… seperti apa ya, rasanya? tln

Tinggalkan Komentar