KatusbaTravels

Pesona Taman Laut Rubiah, Surga Elok Bagi Para Penyelam

Bagikan di:

Katusba.com | Pesona pulau rubiah

KatusbaTravels | Provinsi Aceh punya banyak destinasi wisata yang oke banget.  Di antaranya adalah Pulau Rubiah.

Pulau cantik ini ada di ujung barat Pulau Sumatera, yang seolah tiada henti menawarkan pesona bawah lautnya.

Pulau Rubiah memiliki luas kurang lebih 26 Hektar. Karena keadaan bawah lautnya yang memikat, Taman Laut Rubiah atau Sea Garden of Rubiah kerap disebut-sebut sebagai surganya para penyelam.

Pulau Rubiah merupakan bagian dari Kota Sabang, atau tepatnya berlokasi di barat laut Pulau Weh. Hanya berjarak kuran lebih 250 meter dari Pantai Iboih Aceh.

Di masa kejayaan Kerajaan Aceh, Pulau Rubiah dijadikan lokasi transit bagi calon jemaah haji. Sedangkan di masa perang dunia, pulau ini jadi benteng pertahanan yang sangat diandalkan. Hingga saat ini, sisa-sisa benteng tersebut masih tampak.

Pengunjung bisa menikmati indahnya pemandangan bawah laut di taman Laut Rubiah. Di sini, bisa ditemui aneka spesies ikan tropis seperti school of parrot fish, lion fish, angel fish, gigantic clams, dan sebagainya.

Terumbu karangnya terdiri dari berbagai bentuk asimetris penuh warna. Tak jarang bintang laut berwarna cerah menempel pada terumbu karang tersebut, sehingga menyerupai lampu hias yang melilit.

Untuk menyelam, pengunjung tak harus memiliki lisensi menyelam. Pasalnya, di tempat ini banyak spot penyelaman yang aman digunakan oleh pemula.

Pulau Rubiah juga kerap dijadikan penelitian biota laut. Ada 15 jenis biota laut yang dilindungi oleh pemerintah Indonesia di lokasi ini.

Menuju ke Pulau Rubiah, pengunjung bisa melewati rute dari Banda Aceh Menuju Pulau Weh menggunakan kapal ferry, dengan waktu tempuh sekitar 90 menit, sedangkan jika menumpang kapal cepat hanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit. tsh

Editor : Suci Irawati

Tinggalkan Komentar