Kategori: KatusbaTravels

Punya Obyek Wisata Potensial, Desa Banjarsari Pangalengan Terkendala Anggaran

Bagikan:
Situs Bosscha/katusba.com

KatusbaTravels | Desa Banjarsari Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, tergolong desa yang unik. Pasalnya, sebagian wilayahnya merupakan area kebun teh milik perusahaan perkebunan PTPN.

Walau begitu, antara pihak pengelola perkebunan dan pemerintah Desa Banjarsari telah terjalin sinergi cukup baik.

“Antara pengelola perkebunan dan pihak desa selalu ada koordinasi. Kami juga sering bermusyawarah untuk cari solusi tentang banyak hal,” kata Sunaryat Sapaat, Kepala Desa Banjarsari, Minggu (8/12/2019).

Saat ini, menurut Sunaryat, PTPN sedang mengalami kolaps, sehingga banyak warga desa yang merupakan karyawan di perkebunan diistirahatkan atau dirumahkan untuk sementara.

Sunaryat juga menyebutkan rencana pengembangan wisata di desanya. Dalam hal ini pun, pihak desa berkoordinasi dengan pengelola perkebunan, sehingga lahan milik PTPN bisa digunakan untuk kepentingan wisata.

Gunung Nini/Foto: Pangalengan Destinations

“Sebelumnya, ada gagasan Banjarsari akan dijadikan desa wisata. Untuk itu, semua aset dan pembangunan fasilitas daerah wisata akan dikelola oleh pemerintah desa di tahun 2020,” katanya.

“Pembangunan desa wisata juga merupakan realisasi dari instruksi Presiden Joko Widodo yang minta agar setiap desa memaksimalkan potensi wisatanya,” tuturnya.

Namun sayangnya, hingga kini, Desa Banjarsari terkendala anggaran pengembangan obyek wisata. Hingga kini belum ada bantuan anggaran untuk kepentingan wisata tersebut. Padahal, desa ini memiliki potensi sangat prospektif.

Sunaryat Sapaat/katusba.com

“Jika hanya mengandalkan dana desa, pastilah besarannya tidak mencukupi. Sebab untuk membangun fasilitas wisata itu dibutuhkan dana sangat besar. Sedangkan untuk saat ini dana desa hanya mampu mengalokasikan Rp2 miliar. Terlalu minim,” ucapnya.

“Saya harap pihak-pihak yang berwenang menggelontorkan anggaran pengembangan wisata, baik di Provinsi Jabar maupun pusat, tertarik untuk memproyeksi desa ini sebagai objek wisata terbaik,” harap Sunaryat.

Wisata di Desa Banjarsari dipastikan bakal melibatkan masyarakat.

Kebun Teh Bibit/katusba.com

“Dampak positifnya, aktivitas wisata di Desa Banjarsari bisa mengurangi pengangguran. Saat ini kan warga desa yang merupakan karyawan perkebunan banyak yang sedang  di-off-an sementara,” ungkapnya.

“Di sini ada Gunung Nini, situs makam Bosscha, dan kebun teh Bibit yang cukup potensial untuk dijadikan lokasi wisata. Ada juga pemandian Cipanas. Kami ada keinginan untuk mengembangkan sekaligus melengkapi fasilitas di lokasi ini,” katanya.

Sunaryat juga menyebutkan bahwa pihaknya baru melakukan koordinasi dengan Bupati Kabupaten Bandung H. Dadang M. Naser, juga dengan pihak PU. Dipastikan, infrastruktur dan akses jalan akan segera diperbaiki untuk menunjang pembangunan wisata ini.

Dia sangat berharap ada perhatian dari pusat maupun Jawa Barat soal pengembangan wisata ini.

Sunaryat juga tidak menutup kemungkinan ke depannya akan melibatkan investor dari luar.

“Ya, ke depannya bisa saja melibatkan investor, agar hasilnya bisa optimal,” pungkasnya. (*)

Editor : Suci Irawati

Elsya Tri Ahaddini

Berita Terbaru

Tertangkap 1 Ekor, Petugas Masih Buru 2 Surili ‘Siluman’ di Cianjur

KatusbaNews | Beberapa waktu lalu, warga Cianjur dihebohkan kemunculan 3 ekor monyet langka, jenis surili. Tampangnya memang beda dengan monyet…

25 Januari 2020

Polisi Terus Dalami Kasus Netizen Hina Wali Kota Risma

KatusbaNews | Kepolisian terus melakukan pendalaman terkait ulah netizen yang menghina Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Kini, kasus itu naik…

25 Januari 2020

Tangani Pasien Terinfeksi Corona, Dokter di China Meninggal

KatusbaNews | Seorang dokter yang perawat pasien virus corona dilaporkan meninggal dunia di Provinsi Hubei, China. Dikabarkan, dokter berusia 62…

25 Januari 2020

Dua Pelajar Tewas Akibat Tawuran di Bogor

KatusbaNews | Tawuran antarpelajar yang terjadi di Kota Bogor menyebabkan dua siswa meninggal dunia akibat senjata tajam. Peristiwa berdarah ini…

25 Januari 2020

41 Warga China Tewas Lantaran Virus Corona

KatusbaNews | Wabah virus corona di China kian meresahkan. Dilaporkan 41 orang tewas akibat virus yang menimbulkan gangguan pernapasan ini.

25 Januari 2020

Pesta Miras Oplosan di Tasikmalaya Tewaskan 8 Orang

KatusbaNews | Korban tewas peserta pesta miras di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, kini jadi 8 orang. Seorang korban, Rizwan (27)…

24 Januari 2020