KatusbaTravels

Riam Bedawan, Pesona Air Terjun di Landak Kalimantan Barat

Bagikan di:

KatusbaTravels | Awalnya, pesona air terjun Riam Bedawan hanya diketahui para pencari kayu di hutan. Selanjutnya kabar tentang keelokan tempat ini menyebar dari mulut ke mulut. Alhasil, para pecinta alam pun berdatangan ke tempat air terjun berumpak-umpak ini.

Riam Bedawan terletak di hutan tropis di Kabupaten Landak Kalimantan Barat. Posisi asal air terjun ini cukup tinggi, lalu turun secara bertingkat-tingkat. Airnya  terus meluncur tanpa henti, menciprati pepohonan besar yang ada di dekatnya.

Air terjun dari sini terus mengalir ke sungai Bedawan yang memiliki air sangat bening. Di lokasi ini juga banyak batu besar dengan ukuran dan bentuk beraneka ragam. Sangat artistik.

Berbagai jenis ikan tinggal di sini, sehingga para pemancing berdatangan. Ikan yang paling diburu para pemancing adalah jenis ikan tangis/hampala.

Namun, akses untuk mencapai Riam Bedawan masih lumayan sulit. Jika berangkat dari Ngabang, harus sampai ke Kecamatan Serimbu dulu, dengan waktu tempuh sekitar satu jam.

Dari Kecamatan Serimbu lalu menyambung perjalanan menggunakan sepeda motor. Dari sini melewati tiga buah jembatan gantung yang terbuat dari kayu untuk sampai ke Desa Dange Aji. Sesampainya di Dange Aji, pengunjung harus minta izin masuk ke air terjun Bedawan, dengan melapor ke Kepala dusun Dange Aji.

Nah, dari Desa Dange Aji, perjalanan panjang dimulai. Sepanjang perjalanan, pengunjung bakal banyak menjumpai pepohonan besar dengan beragam anggrek yang menjuntai pada batangnya. Indah sekali.

Waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke Riam Bedawan dari Dange Aji adalah sekitar 8 jam dengan berjalan kaki.

Sesampai di lokasi, Anda bakal terpesona menyaksikan pesona Riam Bedawan. Menjelang sore, biasanya banyak burung Enggang Gading bertengger di sekitarnya.

Jika akses menuju Riam Bedawan sudah dibangun dengan kondisi sangat memadai, dipastikan bakal banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini. Keindahannya betul-betul menakjubkan! ris

Tinggalkan Komentar